Tips dan Cara Mengatasi Mual dan Muntah Ketika Hamil

Kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah saat trimester pertama kehamilan. Namun untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak Cara Mengatasi Mual dan Muntah ketika Hamil seperti berikut. Sebagian besar ibu hamil akan merasa mual dan ingin muntah ketika mencium aroma tertentu.

Hal ini terjadi karena indera penciuman pada ibu hamil lebih peka dari orang pada umumnya. Selain itu ibu hamil biasanya akan merasa mual dan muntah ketika melihat makanan, hal itu akan menjadi masalah jika sampai mengganggu nafsu makan ibu hamil. Padahal bayi harus mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan atau minuman yang dikonsumsinya tersebut.

Masalah yang disebut morning sickness ini memang masalah yang wajar dan sering dialami ibu hamil. Namun hal ini akan sangat mengganggu. Untuk mengatasinya simak beberapa Cara Mengatasi Mual dan Muntah ketika Hamil berikut ini:

1. Istirahat

Istirahat akan membantu mengatasi mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Selain itu stress bisa memicu timbulnya rasa mual dan muntah. Untuk menghindari stress, lakukanlah istirahat yang cukup.

2. Makan sedikit demi sedikit, tapi sering

Jika ibu hamil merasa mual ketika melihat makanan, ini merupakan cara efektif untuk mengatasi hal tersebut. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Selain mengurangi rasa mual, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat ibu hamil terhindar dari lemas dan lesu. Selain itu makanan yang mengandung karbohidrat juga bisa memancing nafsu makan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah-buahan segar.

3. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur saat terbangun di pagi hari

Kebanyakan wanita mempunyai kebiasaan langsung beranjak dari tempat tidur pada saat terbangun di pagi hari. Pada saat hamil, hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa mual dan muntah. Oleh sebab itu jangan langsung beranjak dari tempat tidur. Jika rasa mual sudah hilang, ibu hamil bisa beranjak dari tempat tidurnya.

4. Menghindari makanan yang dapat menimbulkan gas

Makanan yang dapat menimbulkan gas akan membuat perut terasa kembung jika dikonsumsi. Hal itu bisa memicu timbulnya rasa mual. Berbagai makanan seperti kol, durian, nangka, sawi hijau, tape harus Anda hindari agar tidak merasa mual.

5. Hindari makanan yang bisa menimbulkan rasa mual

Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan tinggi lemak, makanan berminyak dan makanan pedas. Makanan tersebut bisa memicu timbulnya rasa mual dan bisa membuat rasa mual menjadi parah.

6. Minum cukup

Kekurangan cairan bisa menyebabkan frekuensi muntah yang lebih sering. Untuk itu minumlah air putih yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang. Sebaiknya ibu hamil minum air putih hangat. Air putih hangat bisa dengan mudah diterima usus dan bisa menetralisir muntah.

7. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C

Cara efektif lain yang bisa menghilangkan rasa mual adalah dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam buah berkhasiat untuk menetralisir rasa mual. Namun jangan mengkonsumsi buah yang terlalu asam, sebab itu tidak baik bagi ibu hamil, apalagi bagi ibu hamil yang menderita asam lambung. Sebaiknya konsumsi buah-buahan tersebut dalam keadaan dingin.

8. Olahraga

Cara Mengatasi Mual dan Muntah ketika Hamil yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga di pagi hari. Olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga dengan gerakan ringan. Usahakan untuk olahraga sambil menghirup udara segar di pagi hari. Dengan begitu ibu hamil akan merasa rileks dan terhindar dari mual ataupun muntah.