Rambut Panjang Rontok dan Bercabang? Atasi Dengan Cara Ini !

Tips Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok dan Bercabang bisa jadi hal yang sedang Anda tunggu-tunggu informasinya. Sebab kebanyakan wanita memilih untuk memanjangkan rambutnya, namun rambut panjang tidak berarti bebas masalah. Masalah yang umum dihadapi pemilik rambut panjang seperti, kering, patah-patah, rontok, hingga bercabang.

Perawatan rambut di sehari-hari

Tips dibawah ini bisa Anda lakukan untuk perawatan rambut sehari-hari.

  • Menggunakan sisir bergigi renggang.
    Setelah melakukan keramas, pastikan untuk menggunakan kondisioner agar rambut ternutrisi dengan baik. Namun, sebelum itu pastikan untuk menyisir rambut dengan sisir bergigi renggang agar rambut tidak bercabang. Karena menyisir dengan sisir bergigi rapat bisa menambah rambut bercabang.
  • Pemilihan conditioner.
    Conditioner yang bisa menjaga kelembapan rambut memang sangat dibutuhkan pemilik rambut panjang. Namun, kondisioner seperti apa yang sebaiknya dipilih? Kondisioner yang tidak dibilas ternyata bisa memberi protein maksimal bagi batang rambut Anda. Selain itu, sebaiknya gunakan leave-in conditioner ketika rambut dalam kondisi lembap
  • Melakukan blow dengan tepat.
    Cara melakukan blow rambut yang paling aman, yaitu dengan membiarkan rambut kering  90 persen secara alami, baru kemudian di-blow dry dengan sisir berbentuk bulat. Hal ini dilakukan agar rambut tidak terlalu lama terkena panas.
  • Perlakukan rambut dengan lembut.
    Untuk itu hindari menarik rambut terlalu kencang bahkan menggaruknya karena bisa membuat rambut rontok. Jika ingin tampil dengan rambut bergaya sleek, sebaiknya gunakan gel atau hair spray untuk merapihkan rambut ketimbang menarik rambut terlalu kuat.
  • Peralatan penataan rambut.
    Wanita selalu tergoda untuk memiliki peralatan penataan rambut, teutama wanita berambut panjang yang bisa melakukan banyak styling. Namun, pastikan Anda memilih hair dryer, atau catokan yang berkualitas baik, bahkan mendekati kualitas salon profesional.
  • Perusakan rambut.
    Ketika rambut Anda sedang bermasalah, coba untuk tidak menyiksa rambut Anda dengan styling yang aneh-aneh, bahkan mewarnai rambut. Sebaiknya lakukan keramas dua kali sehari dan keringkan rambut secara alami.

Perawatan rambut di malam hari

Melakukan perawatan pada rambut tidak hanya dilakukan pada pagi ataupun siang hari, nyatanya perawatan rambut juga bisa dilakukan pada malam hari ketika Anda selesai beraktivitas.

  • Jika Anda mengalami rambut rontok, Anda bisa mengembalikan kekuatan  protein rambut Anda dengan santan. Caranya oleskan santan mulai dari akar hingga ujung rambut, kemudian bungkus rambut dengan shower cap. Lalu cuci rambut  seperti biasa pada keesokan harinya.
  • Jika Anda mengalami rambut bercabang, Anda tidak perlu memotong ujung rambut Anda, coba lakukan perawatan. Caranya oleskan campuran minyak kelapa dan minyak zaitun pada rambut Anda, kemudian  bungkus rambut dengan shower cap. Lalu cuci rambut  seperti biasa pada keesokan harinya.

Selain tindakan perawatan, coba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung biotin dan folic acid. Biotin bisa memperkuat helai rambut, dan bisa  ditemukan pada nasi merah, biji bunga matahari, dan kacang-kacangan. Folic acid bisa  membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik, dan bisa  ditemukan pada gandum, sayuran hijau, dan jeruk.

Semoga informasi tersebut menambah pengetahuan Anda, terutama mengenai  Tips Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok dan Bercabang.