Penyebab Timbulnya Nyeri Dada Sebelah Kanan dan Hubungannya dengan Penyakit Jantung
Jangan dulu panik jika Anda menderita sakit dada karena Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab timbulnya nyeri dada sebelah kanan. Alasannya sederhana saja, karena tidak semua rasa nyeri yang Anda rasakan adalah rasa nyeri yang bisa mengganggu kesehatan Anda dan menyebabkan permasalahan yang serius bagi tubuh.

Walaupun begitu, Anda harus tetap waspada jika memang ada rasa sakit yang bisa menimnulkan gangguan serius bagi kesehatan Anda. Bagi Anda yang terlalu khawatir, mungkin akan mengira jika rasa nyeri di bagian dada sebelah kanan adalah sakit yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Dugaan seperti ini kurang tepat karena nyeri pada jantung terjadi jika Anda merasakan sakit di sebelah kiri. Tetapi memang benar jika salah satu gejala serangan jantung adalah rasa sakit disebelah kiri dan menjadi bagian dari penyakit jantung. Rasa nyeri ini adalah nyeri yang datangnya tiba-tiba dan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Kembali lagi ke rasa nyeri pada bagian sebelah kanan, lalu apa sebenarnya penyebab dari rasa sakit ini? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apa perbedaan antara nyeri seperti ini dengan penyakit jantung secara keseluruhan?

Untuk memeriksa apakah rasa nyeri yang Anda rasakan adalah rasa nyeri biasa atau rasa nyeri yang berkaitan dengan penyakit jantung, maka ada beberapa tanda atau gejala yang bisa Anda ketahui supaya Anda tidak semakin khawatir dan mampu membedakan gejala sakit jantung dengan gejala akibat sakit nyeri biasa. Tanpa melalui diagnose secara medis, gejala akibat penyakit jantung bisa diketahui secara umum.

Nyeri dada juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit lain seperti asma atau, pneumonothorax. Jika Anda menderita penyakit jantung, maka dada Anda  terasa lebih berat. Akibat dari rasa berat ini, Anda mengalami kesulitan untuk bernafas karena dada Anda seolah-olah terikat oleh tali yang kencang. Selain itu, gejala lain yang mengindikasikan bahwa Anda menderita penyakit jantung adalah perut mual, rasa cemas dan keluar keringat pada waktu yang bersamaan.

Nyeri yang dialami oleh penderita jantung tidak hanya di bagian dada saja, tetapi juga menyebar ke bagian tubuh lain seperti bagian leher. lengan kiri, rahang, belakang perut, bahkan salah satu bahu Anda juga merasakan sakit. Jantung Anda juga berdetak lebih cepat dari biasanya. hingga terasa di salah satu bahu Anda. Jadi, gejala nyerinya tidak hanya Anda rasakan pada satu tempat saja.

Ketika Anda mengalami serangan jantung, maka tubuh Anda sangat lemas. Penderita jantung merasa lebih mudah lemas setelah berolahraga, tidak melakukan aktivitas apapun, sesudah makan besar, atau ketika sedang stress. Kalau begitu nyeri dada sebelah kanan itu disebabkan oleh apa?

Penyakit pertama yang salah satu sebabnya karena rasa nyeri dada di sebelah kanan karena adanya penyakit radang selaput perut/gastritis. Ciri-ciri bahwa Anda menderita penyakit ini adalah Anda sudah berpuasa seharian penuh, mengonsumsi alkohol terlalu banyak, dan merasakan rasa sakit pada perut. Salah satu alasan kuat mengapa Anda harus mewaspadai nyeri dada disebelah kanan adalah karena mungkin saja Anda menderita penyakit kronis lain selain penyakit jantung.

Penyakit kedua adalah gangguan kandung empedu. Hal ini terjadi karena Anda mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan atau batu empedu Anda yang tertahan di saluran empedu. Penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh nyeri dada di bagian kanan adalah radang pleura, infeksi virus, saluran pencernaan yang terganggu, kelelahan, cedera, dan radang hati.