Peluang Usaha Budidaya Semut Jepang, Si Kecil yang Menguntungkan
Memanfaatkan peluang usaha yang ada pastinya akan memberikan keuntungan tersendiri. Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan. Peluang usaha semut jepang, misalnya, saat ini sedang sangat popular di Indonesia. Ada beberapa faktor pendorong banyaknya peminat usaha semut jepang. Berikut beberapa faktor pendorong menjamurnya usaha semut jepang di Indonesia.

Budidaya semut jepang mudah

Meski berasal dari negara Jepang, semut jepang adalah spesies serangga yang mudah dibudidayakan di negara mana saja, termasuk Indonesia. Anda hanya perlu menerapkan cara-cara budidaya yang sederhana. Bahkan Anda bisa membudidayakan semut jepang ini di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan wadah atau toples, kapas, dan ragi sebagai makanan semut jepang. Toples diisi dengan kapas hingga toples terisi setengah oleh kapas (kapas jangan dipadatkan).

Masukan beberapa ekor semut jepang lalu taruh ragi di atas kapas. Satu buah ragi digunakan sebagai bahan makanan semut selama 1 minggu. Jangan lupa tutup toples dengan tutup yang sudah diberi lubang sebagai ventilasi udara. Letakan toples di tempat yang minim cahaya dan kering. Semut akan kawin dan menghasilkan larva semut kurang lebih hanya dalam waktu 1 bulan. Mudah, bukan?

Semut jepang kaya akan khasiat

Bukan rahasia lagi bahwa semu jepang sejak dulu telah dimanfaatkan sebagai obat alami di Jepang. Konsumsi ramuan semut jepang dipercaya dapat mengurangi dan bahkan menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), liver (penyakit hati), stroke, jantung, kolesterol tinggi, asam urat, dan dapat menambah vitalitas pria dan wanita.

Peluang pasar begitu luas

Popularitas khasiat semut jepang membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba khasiatnya, terutama mereka yang tengah sakit. Alhasil, banyak orang yang mencari di mana semut jepang ini dijual. Permintaan yang meningkat ini tentu menjadi peluang emas bagi para pembudidaya semut jepang. Sebagian besar dari mereka kemudian mempromosikan semut jepang hasil budidaya pada konsumen, baik via online maupun offline.

Cara pengolahan yang mudah

Semut jepang sangat mudah diolah menjadi ramuan obat. Ada beberapa penjual yang mengemas semut jepang ke dalam kapsul sehingga mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Satu butir kapsul berisi 2 hingga 3 ekor semut jepang yang sudah mati. Cara mematikannya juga sangat mudah. Cukup dicelupkan saja ke air hangat. Atau bisa juga menjadikan semut jepang ini sebagai bahan campuran makanan seperti soup seperti yang dilakukan oleh masyarakat Jepang dulu.

Omset yang besar

Standarnya satu ekor semt jepang dihargai seribu rupiah. Bayangkan jika Anda berhasil membudidayakan ratusan bahkan ribuan ekor semut jepang. Anda bisa hitung sendiri berapa keuntungan yang bisa Anda dapat dari hasil penjualan semut jepang.