Peluang Usaha Bisnis Di Kawasan Pariwisata atau Tempat Rekreasi
Industri wisata di Indonesia memang selalu menjadi unggulan dan tak pernah sepi dari para pengunjung. Terlebih saat musim liburan tiba. Masyarakat kita tentunya memilih untuk menghabiskan momen liburan bersama keluarga atau teman di lokasi wisata yang dikunjungi. Destinasi-destinasi wisata Indonesia yang beragam dan indah menjadi magnet para turis asing untuk menikmati pesona wisata Indonesia yang sangat luar biasa Indah.

Lokasi wisata yang selalu ramai dengan para pengunujung pastinya menjadi lahan bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Ada cukup banyak peluang bisnis yang bisa dirintis dan dikembangkan di area wisata atau area dekat lokasi wisata. Apa saja peluang bisnis yang dimaksud? Berikut informasinya untuk Anda.

Bisnis penginapan

Merintis bisnis penginapan di suatu lokasi wisata atau area dekat lokasi wisata tak harus membangun hotel mewah atau berkelas. Boleh juga Anda membangun bisnis penginapan bertarif terjangkau plus fasilitas yang sederhana. Justru model penginapan yang seperti ini lebih sering diminati karena tak semua pengunjung yang berwisata mengalokasikan dana yang besar untuk menginap.

Ide bisnis lain yang masih ada kaitanya dengan bisnis penginapan di dekat area wisata yaitu homestay. Anda boleh gunakan rumah tinggal Anda untuk dijadikan sebuah homestay. Homestay terlihat lebih asik dan sangat diminati saat ini karena tamu bisa berbaur dengan pemilik rumah. Ide bisnis penginapan lainnya yang boleh Anda coba adalah penyewaan atau jual-beli villa. Sudah pasti villa Anda akan laris manis, terutama saat musim liburan tiba.

Bisnis kuliner

Salah satu lokasi strategis untuk merintis bisnis kuliner yaitu di lokasi wisata atau sekitarnya. Sajian kuliner yang unik dan sesuai dengan thema lokasi wisata juga turut mempengaruhi bisnis kuliner Anda. Sebagai contoh, untuk area wisata alam bahari, jenis sajian kuliner yang pastinya akan laris manis oleh para wisatawan antara lain aneka hidangan seafood, minuman yang menyegarkan, makanan ringan yang menyegarkan, dan lain sebagainya, sedang untuk area wisata alam pegunungan yang identik dengan suasana yang dingin, sajian yang pastinya akan laris manis adalah berbagai jenis sajian yang hangat. Kuliner khas daerah setempat dan juga pusat penjualan oleh-oleh juga besar sekali peluangnya untuk sukses.

Bisnis rental kendaraan

Peluang bisnis rental kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda 4, dijamin akan laku keras apabila Anda dirikan di lokasi wisata atau lokasi yang dekat dengan tempat wisata. Terlebih jika akses menuju ke lokasi wisata tergolong sulit dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Banyaknya wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi mereka dengan alasan lokasi wisata yang terlalu jauh dari rumah juga menjadi peluang emas bagi pelaku bisnis yang satu ini.

Selain bisnis penginapan, kuliner, dan penyewaan kendaraan, ada juga beberapa peluang bisnis lainnya yang pasti akan diminati oleh para wisatawan, seperti bisnis traveling, bisnis jasa tour guide, bisnis jasa fotografi, bisnis event organizer, counter, dan bisnis kios.