Mengenali Penyebab Kaki Sering Kesemutan Dan cara Mengatasinya
Penyebab Kaki Sering Kesemutan Dan cara Mengatasinya mungkin sedang Anda nantikan informasinya. Sebab Anda terkadang sering duduk dengan posisi melipat kaki dengan waktu yang lama, lalu ketika bangkit  kaki terasa kebas atau kesemutan.

Kondisi ini memang bisa menimpa siapa saja, namun Anda mesti waspada sebab kesemutan juga  pertanda Anda terkena penyakit berat. Namun apa saja penyebab kaki ksemutan, berikut infromasinya.

Penyebab kaki kesemutan

  •     Posisi duduk atau berdiri dengan terlalu yang lama
  •     Kurangnya aliran darah ke kaki
  •     Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B 12
  •     Kadar abnormal pada kalsium, kalium, maupun natrium di dalam tubuh
  •     Tekanan pada saraf tulang belakang
  •     Kondisi medis tertentu, seperti diabetes, tiroid, multiple sclerosis, kejang, migren

Berikut ini beberapa Penyebab Kaki Sering Kesemutan Dan cara Mengatasinya

Urat saraf terjepit

Urat saraf yang terjepit karena salah posisi duduk, posisi berdiri atau kecelakaan yang mengakibatkan saraf tulang belakang terjepit. Jika urat saraf yang terjepit  ada di area leher, maka kesemutan akan muncul di tangan. Sementara apabila urat saraf yang terjepi ada di tulang punggung bawah, maka kesemutan akan muncul di kaki.

Cara mengatasinya adalah menjaga posisi duduk dan berdiri yang baik dan benar. Ketika duduk, badan tetap tegak namun rileks. Ketika berdiri, bagi beban tubuh sama rata di kedua kaki. Selain itu, rajin untuk melakukan olahraga peregangan dan olahraga yang bisa melatih keseimbangan.

Diabetes

Penderita dibetes biasanya mengalami  penumpukan gula pada pembulu darah, sehingga aliran darah tidak lancar yang menyebabkan terjadinya kesemutan pada daerah kaki dan tangan. Cara mengatasinya adalah dengan rajin mengontrol gula darah agar kadaranya tetap normal. Menjalankan pola hidup sehat, termasuk rutin berolahraga, dan mengonsumsi makan sehat, serta menghindari rokok, alkohol, dan gula berlebih. Penderita diabetes pun bisa mengonsumsi obat seperti vitamin B1, B12, dan gabapentin.

Kerusakan pada saraf tepi

Kerusakan pada saraf tepi juga bisa juga terjadi pada penderita diabetes, penderita multiple sclerosis, dan orang dengan kadar kalsiumnya rendah. Langkah antisipasi adalah dengan mengetahui apa penyakit yang menyebabkannya kerusakan pada saraf tepi. Bisa pula dilakukan pemeriksaan saraf dengan elektromiogram atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk mendeteksi penderita multiple sclerosis. Cara mencegahnya adalah dengan mengatur pola hidup sehat.

Selain penyakit di atas masih ada beragam penyakit lainnya yang ditandai dengan gejala kesemutan, seperti stroke ringan, penyakit jantung, infeksi tulang belakang, spasmofilia, guillain-barre syndrome, cytomegalovirus, dan juga rematik. Untuk memastikan apakah Anda terkena penyakit tertentu karena sering kesemutan memang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Namun, langkah antisipasi yan bisa dilakukan adalah rajin mengubah posisi, dan secara periodik melakukan gerakan ringan agar aliran darah tetap lancar.

Semoga infromasi di atas membatu Anda mengenali Penyebab Kaki Sering Kesemutan Dan cara Mengatasinya.