Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil, Pahami Waktu Yang Tepat
Tanggapan positif dan negatif tentang pengaruh susu kedelai bagi ibu hamil menjadikan sebagian besar ibu hamil menghindari susu kedelai dan tidak mengkonsumsinya lagi. Sebagian dari mereka merasa was-was akan membuat janin mereka terancam bahaya dan bisa jadi mengakibatkan terjadinya keguguran. Namun, benarkah mitos tersebut?

Susu kedelai memanglah bukan produk konsumsi yang baru. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi susu kedelai dari berbagai jenis merek, seperti: jus kedelai dan soya milk yang di berbagai negara maju di daerah barat menjadi asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga : Bolehkah Wanita Yang Sedang Hamil Minum Kopi?

Seperti susu sapi, susu kedelai memberi kegunaan dan khasiat yang angat banyak. Bagi ibu hamil sendiri, mereka seringkali dilarang untuk meminum susu kedelai karena ditakutkan akan mengganggu kondisi janin atau bahkan diyakini malah bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Sebaiknya ibu hamil yang memasuki usia 1-3 bulan kehamilan melakukan pembataan terhadap susu kedelai karena fitoestrogen pada susu tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Walau demikian, ibu hamil boleh mengkonsumsi susu kedelai setelah trisemester pertama kehamilan karena perekat untuk janin sudah semakin kuat dan besar sehingga para ibu hamil diperbolehkan meminum segarnya susu kedelai.

Manfaat Penting Susu Kedelai

Meminum susu kedelai sangatlah menyehatkan dan waktu meminum yang tepat adalah pada usia kandungan 4-6 bulan. Manfaat yang ditawarkan susu kedelai susu kedelai diantaranya adalah:

Kandungan baik asam folat

Asam folat yang terdapat di susu kedelai mempunyai nutrisi atau gizi yang sangat bermanfaat untuk kondisi kehamilan. Kegunaan asam folat bagi ibu hamil adalah asam folat dapat membantu perkembangan janin, utamanya perkembangan neuron atau sel syaraf. Berkembangnya neuron secara optimal mampu membuat bayi bertambah kecerdasannya.

Kandungan vitamin yang kaya

Vitamin A dan E adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam susu kedelai. Selain itu ada vitamin B yang membuat ibu hamil tetap dalam kondisi yang fit dalam proses kehamilan.

Lemak nabati terdapat di susu kedelai

Susu kedelai ternyata mempunyai kandungan gizi yang berbeda dari susu lainnya, yaitu mengandung lemak nabati yang berguna untuk menyingkirkan kolesterol yang jahat yang terdapat di tubuh karena bisa jadi sang ibu hamil memiliki kadar kolesterol tinggi dan karena susu kedelai, kolesterol mampu dikontrol sehingga sang ibu tetap berada dalam kondisi tubuh yang aman.

Kandungan Protein yang tinggi

Protein nyatanya terdapat pula di dalam susu kedelai. Oleh karena itu, susu kedelai akan membuat organ-organ tubuh tetap terjaga selama hamil. Protein akan selalu mengontrol organ-organ yang terbentuk dalam janin agar tumbuh kembangnya maksimal dan optimal. Protein yang terkandung di susu kedelai juga kompleks dan lengkap karena mengandung nutrisi seperti glisin, treonin, dan juga lisin, serta arginin. Protein juga berguna untuk mengganti sel-sel tubuh ibu hamil yang rusak dengan sel baru.