Ketahui Penyebab Terjadinya Depresi Dan Cara Mengatasinya

Inilah penyebab terjadinya depresi dan cara mengatasinya yang wajib untuk Anda ketahui. Depresi itu sendiri erupakan suatu kondisi kejiwaan yang umumnya dialami oleh seorang penderita dengan stadium yang masuk ke tingkat lanjut.

Penyebab dari terjadinya depresi bahkan sangat bervariatif serta beragam. Dimana salah satunya yaitu akibat dari kehilangan seseorang yang sangat dikasihinya atau dicintainya. Misalnya saja kehilangan kedua orang tua akibat insiden kecelakaan atau bisa juga karena kehilangan calon suami atau istri akibat sebuah peristiwa tertentu.

Depresi memang sebagian besar terjadi akibat dari persitiwa yang merenggut nyawa orang-orang di sekitar yang sangat dikasihi dan dicintai. Selain itu, depresi dapat terjadi karena seseorang tersebut memang masih belum siap untuk menerima kenyataan duka tersebut. Goncangan jiwa akibat suatu kehilangan itulah yang terus memicu munculnya depresi.

Lalu bagaiana cara mengatasi penderita yang sedang depresi tersebut? Inilah penyebab terjadinya depresi dan cara mengatasinya dengan tepat.

Lakukan pendampingan

Pendampingan disini artinya Anda harus meminta bantuan seorang psikolog untuk membantu sang penderita depresi agar dapat terhibur dan juga terotivasi. Sehingga dengan demikian lama kelamaan semmangat hidupnya juga akan bangkit kembali. Selain itu, Anda juga harus secara perlahan mulai memberikan nasehat kepada penderita agar dapat menerima kenyataan yang ada bahwa dia telah kehilangan orang yang dicintainya tersebut serta memberikan harapan yang kuat bahwa suatu masa nanti dia akan dapat bertemu dengan mereka kembali.

Mendokan dengan tulus

Tiada obat yang lebih ampuh dibandingkan dengan doa. Karena doa sendiri menjadi sarana di dalam berkomunikasi atau melakukan dialog secara terbuka dengan Tuhan. Doa termasuk sebagai sebuah sarana dalam enaikkan permmohonan dengan Tuhan. Oleh karena itu, seseorang yang sedang dalam masa depresi harus segera dibawa agar selalu dapat terhubung dengan Tuhan sebagai sumber hidup melalui doa-doa yang dipanjatkannya. Doa akan menjadi obat spiritual yang sangat bermanfaat bagi penderita depresi. Itulah sebabnya, para penderita depresi harus selalu dilayani oleh rohaniawan di dekat mereka secara benar.

Pembacaan firman

Al-Quran atau kitab masing-asing agama merupakan tempat begitu banyak firman dari Tuhan yang sangat bermanfaat bagi umat yang menganutnya. Sumber hayat bagi seluruh umat manusia. Sumber penghibur bagi mereka yang sedang dilanda susah. Sumber kekuatan bagi mereka yang merasakan lemah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu orang-orang yang terkena depresi harus diajak untuk bisa merasakan firman-firman yang sudah tertulis di dalam kitab tersebut sekaligus meresapi setiap kata dan makna yang tertulis. Tunjukkan ayat-ayat atau bab-bab yang menyatakan mengenai kasih Tuhan terhadap manusia, janji-janji dari sang Maha Kuasa atas rahmat dan hidayah-Nya serta berbagai hal yang mampu membuat penderita depresi termotivasi dan kembali bangkit.

Yakinkan bahwa kejadian yang dialaminya saat ini (kehilangan seseorang yang sangat disayanginya) merupakan bentuk ujian dan bukti kasih sayang Tuhan kepadanya. Dengan demikian diharapkan tingkat depresi akan mulai berangsur menurun dan keceriaan serta hidup positif kembali dapat dijalani.

Ajak melakukan hal-hal positif

Bukan hanya dari sisi rohani saja. Akan tetapi berbagai kegiatan positif sehari-hari akan membantu si depresi untuk melupakan kenangan pahitnya. Coba ajak penderita depresi menjalani aktivitas positif baru yang dapat membuatnya merasa lebih ceria dan terhibur. Bagaimanapun ketenangan jiwa serta penerimaan adalah kunci dari sembuhnya seseorang dari depresi.

Inilah penyebab depresi dan cara mengatasinya yang dapat Anda coba terapkan.