Kenali Bahaya Tidur Siang Secara Berlebihan
Bahaya Tidur Siang Secara Berlebihan belum banyak orang yang menyadarinya. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa tidur siang baik untuk anak-anak. Padahal tidur siang selama 45 menit bisa meningkatkan konsentrasi, dan fokus, sebab otak memilih ingatan yang berguna untuk kelangsungan hidup dan juga kesuksesan Anda.

Baik tidur siang maupun malam dengan jam tidur yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit,  tidak baik untuk kesehatan sebab bisa membuat Anda menjadi sering pusing dan sakit punggung hingga risiko penyakit berat lainnya. Lalu apa saja risiko kelebihan jam tidur?

Meningkatkan resiko depresi

Menurut sebuah studi di tahun 2014, bahwa seseorang yang tidur terlalu lama bisa meningkatan gejala depresi. Partisipan pada studi tersebut, diminta untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam, dan hasilnya menunjukan partisipan mengalami 27 persen gejala depresi. Sementara partisipan yang tidur lebih dari sembilan jam, mengalami gejala depresi hingga 49 persen. Bahkan banyak studi yang menulis bahwa penderita depresi cenderung untuk tidur lebih lama daripada orang kebanyakan. Padahal kondisi ini  memperparah keadaan tersebut.

Meningkatkan risiko obesitas

Jam tidur yang terlalu lama juga meningkatkan risiko obesitas. Sebab berdasarkan sebuah studi di Amerika Serikat bahwa orang yang tidur orang yang tidur sembilan hingga sepuluh jam memiliki hingga risiko 21 persen untuk terkena obesitas. Karena tidur yang terlalu lama akan memengaruhi jumlah asupan makanan dan juga mengurangi gerak tubuh.

Meningkatkan risiko kepikunan

Jam tidur yang lebih dari delapan hingga sembilan jam juga bisa memengaruhi kinerja otak. Sebab bisa  memperlambat fungsi sel-sel otak, dan menimbulkan  kepikunan lebih cepat dari yang seharusnya.

Meningkatkan risiko diabetes

Baik kekurangan maupun kelebihan jam tidur ternyata meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Seseorang yang tidur sembilan jam memiliki risiko hingga 50 persen terkena diabetes. Para peneliti belum mengetahui apa penyebab pasti mengapa orang yang kelebihan jam tidur memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi, namun hal ini diduga karena mengalami masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan diabetes. Bahkan risiko ini akan meningkat, jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan hasil sebuah studi di Amerika Serikat bahwa tidur sekitar sembilan hingga sebelas bisa meningkatkan risiko hingga 38 persen untuk menderita penyakit jantung koroner. Namun, penelitian tersebut belum menemukan alasan apa keterkaitan antara tidur berlebih dengan sakit jantung.

Kematian lebih awal

Berdasarkan enam belas studi yang berbeda di tahun 2010, menunjukkan ada peningkatan risiko kematian yang lebih cepat, pada orang-orang yang tidur dengan waktu yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Tidur lebih dari delapan jam dianggap 1,3 kali lebih berisiko pada 1,3 juta partisipan.

Jadi mulai sekarang Anda tidak bisa lagi menganggap remeh jumlah jam tidur Anda, terutama ketika akhir pekan datang karena Anda sudah mengetahui apa saja Bahaya Tidur Siang Secara Berlebihan.