Inilah Pilihan Makanan Yang Cocok Untuk Ibu Menyusui
Makanan apa saja yang cocok untuk ibu menyusui? Sebagai seorang ibu yang saat ini sudah mulai untuk menyusui, memang sangat penting bagi Anda untuk dapat mengetahui bahwa kualitas air ASI yang Anda hasilkan tetap hampir sama apapun jenis makanan yang Anda konsumsi.

Akan tetapi hal ini hanya terjadi jika Anda sudah mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi di setiap makanan yang Anda konsumsi. Dimana tubuh Anda akan mengabil nutrisi tersebut sebagai simpanan makanan dan menggunakannya sebagai air ASI serta sumber tenaga Anda. Jadi, sangat perlu bagi Anda untuk meastikan bahwa Anda sudah mendapatkan asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh buah hati Anda dengan memakan-makanan yang bergizi.

Ikan Salmon

Memang tidak ada makanan yang sempurna, tetapi ikan salmon sudah mendekati. Ikan ini sangatlah disarankan bagi ibu menyusui karena mengandung lemak DHA yang sangat penting bagi pada proses perkembangan sistem saraf bayi. Pada dasarnya semua ASI sudah mengandung DHA, akan tetapi ada tingkat nutrisi penting dari ikan salmon yang lebih tinggi di dalam ASI dengan tambahan DHA-nya.

Bukan hanya bermanfaat bagi bayi. Namun DHA yang terdapat pada ikan salmon juga akan berguna untuk membantu mood Anda. Sehingga dengan banyak mengonsumsi ikan ini Anda juga dapat lebih mengurangi resiko untuk terkena baby blues. Apakah ada pilihan lain? Kira-kira pilihan lain makanan apa saja yang cocok untuk ibu menyusui?

Daging sapi non lemak

Jika Anda saat ini sedang mencari asupan makanan yang dapat membantu mmeningkatkan energi Anda sebagai seorang ibu baru, maka makanan zat besi adalah jawaban yang terbaik. Contoh jenis makanan dengan zat besi tinggi adalah daging sapi yang tidak mengandung lemak. Pasalnya jika saat ini Anda kekurangan zat besi, hal ini akan sangat menguras energi Anda.

Dengan demikian Anda juga akan menjadi sulit menjalankan tuntutan mengasuh bayi baru lahir. Demikian halnya ketika sebagai ibu baru Anda harus menyusui buah hati Anda, sangat perlu asupan protein serta vitamin B-12.  Jadi, daging sapi non lemak akan sangat Anda butuhkan sekaligus menjadi sumber asupan terbaik dari 2 jenis kebutuhan asupan tersebut.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, khususnya kacang dengan warna gelap semisal kacang erah atau kacang hitam di dalam asupan makanan Anda akan sangat bermanfaat ketika Anda masih harus menyusui. Makanan ini bahkan akan sangat membantu Anda para vegetarian untuk memenuhi asupan zat besi dan juga protein berkualitas tanpa perlu mengonsumsi daging dan juga menguras kantong.

Beras merah atau beras coklat

Konsumsilah karbohidrat dari beras coklat dan beras merah untuk menjaga energi Anda ketika Anda masih harus menyusui di tengah program penurunan berat badan Anda. Karena diet hanya semakin membuat Anda terlalu cepat lelah dan menghasilkan lebih sedikit ASI, sehingga dua jenis karbohidrat ini akan sangat berguna bagi Anda.

Sayuran berwarna hijau

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada begitu banyak manfaat yang ada di dalam sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam dan juga brokoli. Kelompok sayur berwarna hijau ini sangat kaya akan sumber vitamin A yang sangat dibutuuhkan oleh bayi melalui ASI yang diminumnyas. Sayuran hijau ini sendiri juga termasuk sebagai sumber kalsium non susu, zat besi, vitamin C, antioksidan sekaligus rendah akan kalori. Jadi, menurut Anda makanan apa saja yang cocok untuk ibu menyusui?