Hindari Jenis Makanan ini Ketika Sakit Batuk Menyerang

Hindari makanan tertentu saat batuk demi proses kesembuhan yang lebih cepat atau tidak memperparah kondisinya. Memasuki musim hujan, batuk dan pilek memang kerap diderita oleh rata-rata orang. Sepertinya penyakit itu dianggap biasa dan tidak membahayakan. Kadang-kadang juga bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus mengonsumsi obat. Tapi untuk batuk berdahak atau dengan kondisi yang parah haruslah mendapatkan perhatian khusus.

Pantangan Saat Batuk 

Selama menderita batuk ada beberapa pantangan seperti menghindari suhu yang terlalu ekstrim. Perubahan suhu yang ekstrim akan sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jagalah kebiasaan hidup bersih dan selalu melindungi saluran pernapasan dan mulut dengan masker saat bepergian.

Makanan yang Dihindari 

Sementara itu, ada beberapa jenis makanan yang wajib untuk dihindari selama menderita batuk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Masakan Pedas 

Doyan masakan pedas? Jika sedang menderita batuk? Berhentilah untuk sementara sampai benar-benar sembuh. Memang benar jika saat flu atau demam, menyantap masakan pedas terasa sangat nikmat karena bisa menghangatkan tubuh.

Tapi hindarilah makanan-makanan pedas selama batuk karena bisa memperburuk kondisi tenggorokan dan batuk. Oleh karena itu, jangan sekali-kali menyentuh setiap jenis masakan yang mengandung cabai, cengkeh, pala, atau lada.

– Makanan Asam 

Misalnya adalah jeruk, lemon, dan bahkan permen karet. Selain itu, setiap jenis masakan yang mengandung cuka wajib dihindari. Pasalnya, setiap jenis makanan yang berasam akan memperparah kondisi batuk.

– Makanan Kering 

Setiap jenis makanan kering akan sangat berpengaruh buruk selama batuk. Ada banyak sekali jenis makanan kering yang kita jumpai dalam keseharian. Mulai dari gorengan, biskuit, hingga berbagai produk makanan kemasan.

Jenis-jenis makanan tersebut akan membuat tenggorokan semakin kering dan berminyak (khususnya yang digoreng) sehingga akan menghambat proses kesembuhan batuk. Walau sudah mengonsumsi obat secara rutin, jika tidak diimbangi oleh santapan sehat akan mengurangi potensi kesembuhan dan bahkan bisa memperburuknya.

– Produk Susu 

Lho, bukankah susu adalah bahan menyehatkan? Tapi disarankan untuk sementara tidak mengonsumsi makanan dari produk susu karena bisa memicu rasa gatal-gatal pada tenggorokan.

– Kafein 

Sama halnya dengan susu yang bisa memicu rasa gatal pada tenggorokan. Kafein dalam kopi juga bisa menimbulkan persoalan sama. Kondisi tersebut hanya akan menghambat proses kesembuhan selama batuk. Disarankan untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti teh jahe herbal karena akan menghangatkan tenggorokan.

– Alkohol 

Kebiasaan minum alkohol akan menyebabkan gangguan yang lebih parah saat menderita batuk. Sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol saat menderita batuk. Akan lebih baik lagi jika memang akan berhenti total karena pada dasarnya minum secara berlebihan akan berpengaruh buruk pada kesehatan. Nah, pastikanlah bahwa Anda akan Hindari makanan tertentu saat batuk.

Nah itulah ulasan tentang Jenis Makanan yang harus Dihindari Ketika Sakit Batuk Menyerang semoga bermanfaat.