Cara Tingkatkan Bisnis Online Anda Melalui Iklan Offline
Dapatkah iklan offline mendongkrak sebuah bisnis online? Tentu saja bisa. Dengan bantuan iklan offline, traffic sebuah bisnis online dapat meningkat secara signifikan dan traffic pun akan berimbas positif pada peningkatan penjualan.

Jika grafik penjualan telah meningkat, profit pun akan meningkat dengan sendirinya. Strategi di atas sepertinya perlu diaplikasikan oleh Anda yang menekuni bisnis online. Sayangnya, masih sedikit pebisnis online yang mempraktikannya.

Sebaliknya, sebagian besar pebisnis online mengklaim bahwa keberhasilan sebuah bisnis online disebabkan oleh penggunaan metode-metode iklan online yang dapat diakses melalui search engine, ruang iklan online, dan banner online. Memang benar, ini semua merupakan bagian dari strategi marketing, namun sebenarnya ada cara lain yang juga perlu dicoba, yaitu beriklan secara offline untuk meningkatkan trafik penjualan bisnis online.

Jadi, meskipun bisnis Anda dijalankan dengan menggunakan media secara online, bukan berarti strategi marketing manual seperti iklan offline tidak diperlukan lagi.

Terdapat 3 jenis media beriklan offline yang mampu menarik calon konsumen untuk menuju ke bisnis online Anda. Ketiga media beriklan offline yang dimaksud adalah media cetak, iklan di radio, dan iklan di televisi.

Media cetak

Media cetak ada banyak sekali jenisnya. Sebut saja brosur, koranm yellow pages, flyer, spanduk, poster, papan iklan, billboard, dan bahkan kartu nama. Anda dapat memanfaatkan media-media cetak ini sebagai media beriklan offline yang mencantumkan nama bisnis online atau website Anda. Dengan demikian, siapapun dapat melihatnya.

Terlebih jika iklan bisnis online Anda dikemas dengan tampilan yang menarik. Sudah pasti akan ada banyak calon konsumen yang tertarik dengan bisnis online Anda. Boleh juga Anda tambahkan penawaran menarik lainnya seperti diskon, harga promo, beli 1 gratis 1, dll yang mampu menggiring calon konsumen untuk mengakses website bisnis online Anda.

Iklan di radio

Iklan di radio juga cukup ampuh untuk menggaet minat calon konsumen untuk melihat-lihat bisnis online Anda. Pastikan Anda memilih channel radio yang tepat. Tepat di sini maksudnya adalah tepat memilih channel radio dengan listeners yang sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya, produk yang Anda tawarkan adalah berbagai fashion item yang terbaru.

Untuk jenis produk seperti ini, pilihan media radio yang paling tepat untuk dijadikan sebagai spot iklan adalah radio dengan listener para anak-anak muda/ remaja atau radio yang sebagian besar pendengarnya adalah para wanita. Ada juga radio yang mentargetkan kaum profesional sebagai listener-nya.

Iklan di televisi

Jika Anda memiliki budget lebih untuk kepentingan promosi bisnis online Anda, buat saja iklan untuk kemudian ditampilkan di televisi. Namun jika budget promosi tak terlalu besar, Anda boleh gunakan televisi lokal sebagai media iklan bisnis online Anda.

Sama halnya dengan radio, agar lebih efektif, pilihlah channel televisi yang sesuai dengan produk yang akan Anda promosikan. Sebagai contoh, produk yang Anda jual adalah produk alat olahraga, maka dari itu sebaiknya Anda pilih channel televisi yang dominan programnya adalah program olahraga.