Cara Mudah Mengobati Bengkak Secara Alami
Mengobati bengkak bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan tidak perlu prosedur rumit. Asalkan masih berisiko rendah dan tidak membutuhkan penanganan medis, maka kita pun bisa menyembuhkannya dengan cepat dan tepat. Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk menyembuhkan bengkak secara alami.

Mengompres

Cara ini dilakukan untuk bagian tubuh yang membengkak akibat alergi tertentu. Gunakan handuk atau kain bersih dan celupkan ke dalam air dingin. Kompreslah bagian tubuh yang bengkak tadi dan biarkan selama beberapa menit. Perlahan, rasa nyeri akan mereda dan bengkak bisa sembuh dengan sendirinya.

Cara mengompres juga bisa dilakukan dengan air hangat. Biasanya, cara ini diterapkan untuk menangani cedera saat olahraga. Untuk cara yang lebih efektif bisa menggunakan botol kaca berisi air hangat, dan kemudian melilitnya dengan handuk pada bagian tubuh yang membengkak.

Perbanyak Minum Air

Metode ini merupakan syarat wajib jika ingin menyembuhkan bengkak dalam waktu yang lebih singkat. Saat menderita bengkak untuk pertama kalinya, perbanyak konsumsi air putih setidaknya hingga 12 gelas besar setiap harinya. Kandungan air dalam tubuh akan meredakan pembengkakan dan mengembalikan kondisi tubuh dalam keadaan normal.

Mengangkat Luka

Pembengkakan bisa juga disebabkan oleh luka pada permukaan kulit. Tipsnya adalah dengan mengangkat luka supaya posisinya sama atau lebih tinggi dari jantung. Misalnya adalah luka bengkak pada kaki, maka berbaringlah secara lurus lalu angkat perlahan kaki yang mengalami bengkak tadi. Tujuannya untuk mengangkat cairan yang menumpuk pada bagian tubuh yang membengkak supaya mengalir dan mengurangi benjolan pada permukaan kulit.

Merendam dengan Air Garam

Cara ini dilakukan dengan merendam air yang telah dicampur dengan garam. Tuangkan garam secukupnya pada sebaskom atau seember air. Lalu, masukkan bagian tubuh yang mengalami pembengkakan pada air garam tersebut. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu angkat dan bilas dengan air bersih. Air garam konon dapat mengikis cairan yang menumpuk pada bagian tubuh manusia.

Minum Jus Buah

Selain mengonsumsi air putih, jus buah juga sangat dianjurkan untuk mempercepat proses penyembuhan alami pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Fungsinya memang mirip dengan air putih namun punya khasiat ganda dalam hal asupan nutrisi yang tepat dalam rangka proses penyembuhan alami. Bisa memilih buah apa saja tergantung dari selera orang yang akan meminumnya. Dan disarankan supaya tidak mencampurnya dengan gula atau cukup dengan takaran normal.

Olahraga Ringan

Metode ini khusus untuk kondisi bengkak yang tidak disebabkan oleh cedera saat olahraga. Yang dimaksud sebagai olahraga ringan itu sendiri sebenarnya adalah aktivitas fisik secukupnya seperti berjalan-jalan selama sekitar setengah jam atau bisa dengan melakukan senam/yoga. Nah, itulah beberapa cara alami untuk Mengobati bengkak.