Bau Mulut yang Tak Sedap ? Begini Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Bau Mulut yang Tak Sedap mungkin masih menjadi masalah untuk  Anda dan banyak orang hingga kini. Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya Anda mengetahui penyebab bau mulut.

Penyebab bau mulut

Bau mulut atau halitosis, terjadi karena adanya mikroorganisme VCS (volatile sulfur compounds). VSC yang muncul karena adanya interaksi bakteri pada mulut, dimana terjadi saat adanya penyakit dan infeksi pada gusi, atau adanya lubang pada celah gigi.

Selain itu faktor, dehidrasi juga bisa mengubah mengubah keseimbangan pH mulut yang memicu bakteri berkembang biak. Termasuk makanan dan minuman Anda konsumsi juga bisa memicu terjadinya bau mulut, seperti makanan manis, bawang putih, bawang merah, makanan berkari, ikan,  bir, wine, kopi, serta soda.

Cara mendeteksi bau mulut

Anda dan juga kebanyakan orang mengecek bau mulut biasanya dengan menghembuskan napas ke telapak tangan. Namun, cara tersebut ternyata tidak efektif untuk mengetahui bau mulut, sebab mengembusan napas ke ke telapak tangan akan membuat bau mulut tercampur dengan aroma  tangan Anda sendiri. Lalu bagaimanakah cara mengetahuinya?

  • Menjilat bagian belakang sendok. Lalu setelah sendok mengering, baru Anda mencium aroma pada sendok tersebut.
  • Menjilat punggung telapak tangan Anda sendiri. Tunggu hingga air liur mengering, lalu cium aroma punggung telapak tangan Anda.
  • Mencium benang gigi (dental floss) setelah Anda menggunakannya untuk membersihkan sela-sela gigi Anda.
  • Menanyakan pada orang dekat yang Anda percayai tentang bagaimana aroma dari mulut Anda.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Tak Sedap

  • Setelah Anda mengetahui penyebab dan cara mendeteksi bau mulut. Berikut ini Cara Mengatasi Bau Mulut yang Tak Sedap.
  • Menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi Anda.  Pastikan Anda menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar.
  • Menyikat lidah dengan alat khusus untuk penyikat lidah. Caranya lakukan dari arah belakang ke depan.
  • Minum yang cukup juga membantu Anda terhindar dari bau mulut, sebab dehidrasi akan menurunkan kadar air liur di dalam mulut yang bisa menyuburkan bakteri jahat penyebab bau mulut.
  • Mengunyah  beberapa rempah, buah dan sayur kering, seperti biji kapulaga yang mengandung zat antiseptik berupa cineole yang bisa membunuh bakteri dan mengurangi bau mulut. Kayu manis yang mengandung minyak essensial yang bisa membunuh berbagai jenis bakteri pada mulut. Saledri dan apel juga bisa dijadikan pilihan untuk menghilangkan bau mulut.
  • Mengonsumsi teh hijau karena mengandung zat anti bakteri yang bisa menghilangkan bau mulut.
  • Meminum jus yang terbuat dari 1/2 cangkir jus apel dan 1/4 cangkir jus lidah buaya. Lidah buaya mengandung zat antiradang B-sitosterol yang bisa menurunkan kadar asam lambung, penyebab paling umum dari bau mulut tak sedap.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda tentang bau mulut, dan yang terpenting bisa membantu Anda mengetahui Cara Mengatasi Bau Mulut yang Tak Sedap.