Apakah Promo Diskon Sebagai Strategi Bisnis Yang Jitu?

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh produsen untuk meningkatkan penjualan mereka, salah satunya adalah dengan memberikan diskon. diskon sebagai strategi bisnis jitu banyak digunakan oleh produsen untuk menarik konsumen. Tidak dipungkiri ketika konsumen mendengar atau melihat kata diskon mereka akan langsung tertarik. Hal ini bisa dilihat dari ramainya toko atau pusat perbelanjaan yang selalu ramai ketika ada penawaran diskon.

Meskipun diskon dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan, namun pelaku usaha harus tetap teliti dalam memberikan diskon. Pemberian diskon yang berkepanjangan justru akan membuat calon konsumen merasa pemberian diskon bukanlah hal yang spesial dan menjadi tidak tertarik lagi dengan diskon tersebut.

Oleh karena itu dalam memberikan diskon dibutuhkan konsep serta strategi agar calon konsumen selalu menanti-nantikan diskon yang Anda berikan. Ada beberapa tips dalam memberikan diskon agar diskon sebagai strategi bisnis jitu selalu menarik di mata konsumen.

Baca Juga : Cara Tingkatkan Bisnis Online Anda Melalui Iklan Offline

Beri batasan waktu

Untuk memancing rasa penasaran calon konsumen terhadap diskon yang Anda berikan, berikanlah batasan waktu dalam memberikan diskon. Umumnya diskon adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para konsumen, jika diskon diberikan terlalu sering, hal tersebut justru akan berdampak tidak baik. Semakin singkat dan semakin jarang waktu pemberian diskon, maka konsumen akan semakin penasaran dan semakin tertarik.

Manfaatkan moment spesial

Moment spesial seperti idul fitri, natal dan valentine adalah moment dimana para pelaku usaha banyak memberikan diskon. Pada hari libur seperti itu banyak orang yang menghabiskan liburannya untuk berbelanja. Manfaatkan hal ini untuk meningkatkan penjualan Anda. Dengan memberikan diskon pada moment-moment tersebut, minat konsumen untuk berbelanja akan semakin meningkat.

Keuntungan Pemberian Diskon

Selain menarik minat konsumen untuk membeli, masih ada beberapa keuntungan lain dari pemberian diskon, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan volume penjualan

Dengan pemberian diskon biasanya konsumen akan membeli produk lebih banyak karena lebih murah dari harga normal. Hal ini bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan.

  • Mengenalkan produk baru

Biasanya pelaku usaha memberikan promo atau diskon kepada konsumen untuk mengenalkan produk baru yang masih dalam masa promosi. Dengan memberikan potongan harga, konsumen akan tertarik untuk mencoba produk baru tersebut. Ketika sudah mencoba, konsumen dapat merasakan produk itu dan jika mereka merasa puas mereka akan melakukan pembelian selanjutnya.

  • Mengurangi atau menghabiskan stok barang di gudang

Tidak jarang juga pemberian diskon dilakukan oleh pelaku usaha untuk menghabiskan stok barang mereka di gudang. Melalui strategi ini, penjualan dapat dilakukan dengan cepat agar tidak menyedot biaya persediaan barang di gudang.

  • Memperkuat merk produk

Dengan menarik banyak konsumen melalui pemberian diskon, merk dari produk tersebut akan semakin dikenal masyakat. Merk terkenal lebih mudah untuk memasarkan produk mereka dan membuat perusahaan lebih mudah dalam mengeluarkan produk baru.

Itulah beberapa tips serta kelebihan diskon sebagai strategi bisnis jitu yang dapat menginspirasi para pelaku usaha agar lebih cermat dan teliti lagi dalam memberikan diskon sebagai strategi bisnis.